Review Acer Aspire 7 Pro: Kok Bisa Spek Segini Cuma Rp 13 Jutaan?
Bodi

Form Factor
- Clamshell atau Laptop Klasik
Material
- Polikarbonat
Desain


- Dari segi desain masih mirip seperti Aspire 7 Pro yang pernah kita review sebelumnya.
- Di area palmrest kita bisa lihat ada hiasan garis-garis tipis berwarna hitam, dan
- Di area cover atas terdapat hiasan garis biru yang terlihat kontras dengan warna hitam laptopnya.
- Seperti biasa, kita juga bisa temukan teks Acer berukuran kecil di cover atas laptop.
Warna
- Black atau Hitam
Dimensi

- Panjang – 35,9 CM
- Lebar – 23,8 CM
- Tebal – 2,27 CM
Bobot
- Laptop – 2,16 Kilogram
- Charger – 478 Gram
- Total – 2,64 Kilogram
Display

- Laptop ini menggunakan panel IPS berukuran 15,6 inci.
- Resolusinya Full HD, atau lebih tepatnya di 1920 x 1080 piksel.
- Jadi aspect ratio-nya di 16:9
- Refresh rate di 144 Hz.
- Jadi kalau mau dipakai buat gaming esport yang butuh frame rate tinggi udah cukup.
- Berdasarkan pengujian kami:
- Tingkat kecerahan maksimal layarnya mencapai 325 nits.
- Gamut Coverage di 59% sRGB, dan
- Gamut Volume di 59,1% sRGB.
- Memang, layar laptop satu ini memang belum cocok kalau mau dipakai untuk content creation.

- Jadi kalau memang butuh akurasi warna buat kerja, kami sarankan untuk menggunakan monitor eksternal yang sesuai kebutuhan.
- Tapi kalau hanya digunakan untuk belajar editing, atau memang edit video yang gak terlalu butuh akurasi warna, ini udah bisa ya.
- Permukaan layarnya Matte atau Anti-Glare, jadi nyaman digunakan tanpa adanya pantulan cahaya atau bayangan yang mengganggu.
- Untuk bingkai kanan-kiri sudah tergolong tipis, dan untuk bingkai atas sedikit agak tebal karena ada kamera di area tersebut.
Kamera dan Mikrofon

- Untuk kameranya punya resolusi 720p30 fps
- Sayangnya karena prosesor di laptop ini belum dilengkapi dengan NPU, jadi kameranya masih belum mendukung Windows Studio Effect.
- Lalu untuk mikrofonnya terletak di sisi kanan dan kiri kamera.
Audio

- Laptop ini menggunakan dua buah speaker stereo yang mengarah ke alas laptop.
- Suara yang dikeluarkan sebenarnya sudah lumayan kencang.
- Hanya saja karakter suaranya cenderung Flat dengan Bass hanya tipis-tipis saja terdengar.
Konektor

- Kiri
- 1x Kensington Lock
- 1x USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
- 1x USB 2.0
- 1x Microphone Jack
- 1x Audio Jack Combo 3.5mm.

- Kanan
- 1x microSD Card Reader
- 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C (10 Gbps)
- 1x Ethernet Port

- Belakang
- 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C (10 Gbps)
- 1x HDMI 2.1,
- 1x Mini Display Port 1.4
- 1x DC-IN

Mantap, onektornya super lengkap. Buat kerja jadi makin mantap karena kita bisa pasang hingga dua monitor eksternal, tanpa perlu adapter tambahan! Jadi bisa kerja pakai TIGA monitor sekaligus!
Keyboard

- Untuk keyboardnya masih menggunakan desain dan layout yang mirip seperti Acer Aspire 7 Pro yang dulu pernah kita review.
- Tombolnya berwarna hitam, dengan pinggiran samping berwarna putih yang agak transparan.
- Desain semi-transparan ini membantu backlit RGB keyboardnya jadi terlihat lebih menyala.
- Backlit RGB ini punya satu zona warna, yang warna dan tingkat kecerahannya dapat diatur melalui software Control Center.
- Keyboardnya sendiri terasa soft saat digunakan mengetik.
- Tombol anak panahnya punya ukuran full-size, dan kita bisa temukan tombol numpad di sebelah kanan.
- Intinya kalau mau dipakai buat ngetik-ngetik, atau input angka manual udah nyaman lah.
Touchpad

- Seperti biasa touchpad-nya sudah menggunakan Precision touchpad dengan ukuran 12,1 x 7,3 CM.
- Letaknya center to space-bar, tapi sedikit melebar ke kanan.
Sistem Pendingin

- Laptop ini menggunakan sistem pendingin aktif dengan dua kipas dan empat heatpipe, dengan heatsink yang menutupi seluruh komponen CPU dan GPU.
- Intake udara dari bawah, dan exhaust ke arah belakang.
Lebih lengkapnya simak dalam video review berikut ini:
Tags:
Daftar Isi
Load Comments













