Acer Rilis Dua Laptop Unik di IFA 2026: Vero 16 & Aspire G 3D 16
Acer meluncurkan sejumlah produk anyar di ajang IFA 2026 Berlin, salah duanya adalah laptop yang cukup unik. Acer Vero 16 hadir sebagai laptop repairable bahkan bisa upgrade prosesor, sementara Aspire G 3D 16 merupakan laptop dengan layar 3D tanpa perlu tambahan aksesori.
Acer Vero 16
Lini Acer Vero memang biasanya mengedepankan konsep ramah lingkungan dan kemudahan perbaikan. Namun kali ini, Acer membawa konsep tersebut lebih jauh dengan merancang Vero 16 agar prosesor bisa di-upgrade hingga setidaknya dua generasi.
Acer belum menjelaskan mekanisme upgrade tersebut secara detail, tetapi kemungkinan dilakukan melalui motherboard yang dapat dilepas dan diganti. Bagian lain seperti baterai, SSD, cover port, hingga engsel juga bisa dilepas secara terpisah tanpa perlu mengganti komponen besar. Bahkan, bagian bawah laptop dapat dibuka tanpa menggunakan obeng.
Untuk spesifikasinya, Vero 16 tersedia dengan prosesor hingga Core Ultra X9 388H, RAM LPDDR5X hingga 32GB, serta SSD PCIe 4.0 hingga 512GB. Layarnya tersedia dalam pilihan OLED 16 inci 2.880 × 1.800 120Hz atau 1.920 × 1.200 60Hz. Laptop ini juga membawa baterai 71Wh, Thunderbolt 4, Wi-Fi 7, dan webcam IR 5MP.
Acer Aspire G 3D 16
Berbeda dengan Vero 16, Aspire G 3D 16 lebih menonjolkan kemampuan visual. Laptop ini menggunakan layar IPS 16 inci beresolusi 3.840 × 2.400 dengan refresh rate 120Hz yang bisa menampilkan konten 3D tanpa aksesori kacamata tambahan, untuk video dari game atau aplikasi yang didukung.
Saat menjalankan konten 3D, resolusinya berubah menjadi 1.920 × 2.400 melalui teknologi SpatialLabs. Perangkat ini sendiri ditenagai Ryzen AI Max+ 395, Radeon 8060S, RAM hingga 128GB, dan SSD hingga 2TB. Acer juga membekalinya baterai jumbo 99,9Wh.
Baca Juga: Korea Selatan Beri Akses AI Gratis untuk Semua Warganya • Jagat Review
Acer Vero 16 dijadwalkan tersedia mulai Desember 2026, sementara untuk Aspire G 3D 16 masih belum dikonfirmasi kapan bakal mulai tersedia. Harga keduanya belum diumumkan. Menurut kalian mana yang paling menarik nih?














